Rafael Nadal


Seputar Tennis: Dalam sebuah wawancara bersama ABC, petenis peringkat 2 dunia, Rafael Nadal mengungkapkan bagaimana ia mengatasi kekalahan-kekalahan yang dialaminya.

TENNISSPORT.COM - Runner up Australian Open musim ini, Nadal menuturkan, “Semua petenis terbiasa dengan kekalahan, karena itu hal yang normal. Anda mengalami kekalahan-kekalahan yang lebih menyakitkan daripada kekalahan lainnya, tetapi saya melihatnya sebagai hal yang normal.”


US open 2018
Beberapa dari kekalahan itu lebih menyakitkan saya. Ketika anda melihat peluang besar dan anda kehilangan peluang itu, anda akan merasa sedih, tetapi saya tidak pernah merasa marah. Saya akan marah jika saya tidak memberi diri saya sendiri sebuah kesempatan, tetapi ketika saya memasuki lapangan, saya selalu mengusahakannya. Dan setelah bertahun-tahun, anda akan lebih mengapresiasi bahwa anda kompetitif dan anda berjuang demi hal-hal yang memotivasi anda.”
“Ketika anda berjuang dan anda melakukan usaha yang anda bisa, maka anda tidak berkewajiban untuk melakukan lebih. Saya selalu memiliki kesadaran yang tenang. Saya mungkin melalui waktu yang buruk selama berjam-jam, tetapi setelah itu, semuanya baik-baik saja.”
Mengenai anak-anak yang memiliki atlet sebagai idola mereka, Nadal menambahkan, “Saya berpikir itu bukan hal yang hebat, karena ada anak-anak yang ingin menjadi seperti orang-orang terkenal lainnya dan saya pikir, salah satu dari mereka, dalam beberapa kasus, bukan panutan yang baik.”
Anak-anak ingin menjadi hal yang mereka lihat di televisi dan hal yang mereka lihat di televisi tidak selalu baik. Jika ada seorang anak yang ingin menjadi seperti saya, dan saya melakukan hal dengan baik, ia akan disambut. Jika ia ingin menjadi terkenal atau menyalakan televisi, maka lupakan. Hal itu tidak memiliki nilai yang tinggi.”
“Hal yang benar-benar penting adalah menjadi orang yang baik, terhormat, terdidik, dan memiliki teman. Ketika anda memiliki teman dan orang-orang yang berada di sekeliling anda tidak pernah berkata buruk tentang anda, hal itu memiliki nilai yang tinggi.”

Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

0 komentar untuk Bagi Rafael Nadal Sekalipun, Beberapa Kekalahan Lebih Menyakitkan Daripada Kekalahan Lainnya